Membuat blog



Hello.....

Ini blog pertama gue dan ini juga pertama kalinya gue tahu cara membuat blog.
Sebagai langkah awal, gue ingin berbagi cara membuat blog  buat blogger2 baru kayak gue.

Tapi sebelumnya mari kita cari tahu, Apa itu Blog?? 

Istilah blog menjadi populer akhir-akhir ini dan Anda mungkin punya ide apa yang dimaksud dengan blog tapi jika ditanya, semua orang pasti akan memiliki pendapat yang berbeda. Namun usaha untuk mengerti tentang blog itu penting, terutama bila Anda ingin menjadikannya sebagai suatu bisnis.
Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu, web dan log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide, foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan konten ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas dan seterusnya ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat dapat saja dikatakan sebagai blog.
Ada yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya, yaitu memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan dan penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring berjalannya waktu. Misalnya, salah satu perangkat lunak pembuat blog yang terkenal, WordPress, telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga berubah fungsi. Sekarang ini, selain dipergunakan sebagai blog, WordPress juga dapat dijadikan alat bantu manajemen konten situs.
Dari situs iklan baris sampai jejaring sosial, semua dapat dibangun menggunakan WordPress dan plugin-nya, yang mana merupakan cara memperluas dan menambah fasilitas pada kerangka dasar yang ada. Dengan kata lain, blog dapat dibuat sesederhana atau sekompleks mungkin dengan berbagai fitur tergantung apa yang diinginkan oleh pembuatnya.



Apa Topik Yang Harus Saya Tulis?

Sebenarnya ini bukan pertanyaan teknis, namun cukup sering ditanyakan sehingga saya memutuskan untuk memasukkan satu bagian singkat dalam panduan ini.
Pertanyaan tentang topik yang ditulis dapat terjawab dengan segera begitu Anda menemukan ceruk pasar Anda dan peran Anda di dalamnya. Jika Anda memulai suatu blog hanya untuk alasan pribadi maka konten yang Anda buat tentunya terserah Anda, tapi bila blog yang bersangkutan terkait dengan bisnis maka ceruk pasar menjadi faktor yang sangat menentukan.
Memang tidak ada salahnya menulis apa saja yang terlintas di benak Anda atau topik apa pun yang Anda sukai, tapi untuk membangun komunitas melalui blog… ceruk pasar yang Anda pilih harus jelas dan terarah. Pemirsa jarang ingin menghabiskan waktu untuk blog yang tidak jelas topik dan tujuannya, kecuali bila mereka membaca hanya untuk sebagai hiburan.
Saran saya, bila Anda benar-benar tidak tahu di mana harus memulai, konsultasikan dengan Google. Cari tahu apa yang ditulis sesama blogger tentang topik yang Anda pilih. Berlangganan RSS dan mengikutinya selama beberapa waktu akan membuka wawasan Anda mengenai apa yang dapat Anda tulis. Saya yakin setelah terjun ke dalamnya dan menguasai suatu bidang, hal-hal yang dapat Anda tulis sesungguhnya tidak terbatas.
Misalnya, jika menemukan topik yang menarik di blog lain dan Anda memiliki perspektif yang lain, atau pendapat yang berbeda, tidak ada salahnya memulai percakapan dari blog Anda dan memberikan tautan ke sumber. Dengan cara ini saya telah menjalin hubungan dengan banyak blogger ternama. Anda pun dapat melakukannya. Cara ini jauh lebih efektif sebagai pembuka percakapan dibanding email tak diundang. Blogger profesional seringkali memonitor apa yang dikatakan oleh rekan sesama blogger dan tautan yang masuk ke dalam blog mereka.
Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang ditemukan di forum-forum. Mungkin jawaban Anda di forum terkesan ringkas tapi setelah melalui proses pemikiran yang cukup lama, pasti ada tambahan. Tidak ada salahnya menuliskannya agar ada arsipnya sehingga dapat ditemukan oleh orang lain.
Akan ada kesulitan ketika pertama kali menulis, tapi yakinlah selanjutnya selalu akan lebih mudah. Sampai suatu saat ide untuk topik akan lebih cepat berdatangan dan Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menulis semuanya. Saat ini, mudah bagi saya untuk mendapatkan ide, tapi memilih ide yang tepat untuk ditulis sama sulitnya. Tantangan blogger di semua tingkatan selalu ada. Tinggal bagaimana Anda menyikapinya dan belajar darinya.

Di Mana Anda Dapat Menemukan Gambar Gratis atau Murah Uuntuk Blog Anda?

Orang bilang satu gambar bisa mengkomunikasikan seribu kata. Peran gambar bukan saja sebagai pendukung tulisan tapi juga sebagai jeda dalam suatu tulisan blog yang panjang. Tapi banyak yang bertanya-tanya di mana mereka dapat mencari gambar gratis atau murah untuk dipakai di blog.
Banyak blogger lokal yang menggunakan gambar yang mereka temukan dari mana saja, termasuk Google Image, tanpa berpikir panjang. Pendekatan ini harus dilakukan dengan hati-hati sebab gambar dan foto bisa jadi merupakan karya yang ada hak ciptanya. Kecuali Anda punya izin khusus dari pemiliknya, sebaiknya jauhi gambar yang tidak jelas sumbernya.
Untungnya, banyak pemilik gambar dan foto yang berbaik hati mengizinkan pemakaian foto mereka. Flickr contohnya adalah situs gambar dan foto yang sangat populer. Di sana Anda dapat mencari foto-foto yang dapat dipakai dengan gratis. Banyak gambar menarik yang untuk memakainya tidak perlu membayar royalti, hanya saja Anda harus memasang taut kembali kepada sumber.
Jika Anda tidak keberatan membayar, iStockPhoto.com menawarkan jutaan foto berkualitas tinggi. Harga dimulai dari kira-kira USD 1 per foto ukuran kecil, cocok dipergunakan untuk blog.
FINALLY, CARA MEMBUAT BLOG

Cara Membuat Blog | Blogger blog - membuat blog itu mudah sekali dan sekarang ini sudah jaman modern yang sangat mendukung akses internet sehingga kita bisa menuliskan sesuatu yang berguna di blog sebagai tempat belajar dan sharing ilmu pengetahuan. Cara Membuat Blog | Blogger Blog adalah judul yang sengaja saya ambil untuk membahas cara membuat blog di blogger(blogspot).

Bagaimana cara membuat blog??..sebelumnya sobat wajib memiliki email dan jika sobat sudah mempunyai email langsung saja ikuti langkah - langkah membuat blog di bawah ini:
1. buka browser dan masuk ke www.blogger.com
2.klik Get Started

3.anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran dan anda harus mengisinya dengan lengkap, kemudian klik tombol Lanjutkan



5. langkah selanjutnya yaitu memilih judul blog anda dan alamat blog yang anda inginkan



5. langkah selanjutnya yaitu memilih tampilan blog, pilih tampilan yang anda inginkan dan klikLanjutkan




6. yapppp, sekarang blog Anda sudah jadiiii...............  





mudah kan??..memang sangat mudah dan simpel sekali dalam membuat blog menggunakan blogger. Sekarang tahap menulis blog(blogging). Untuk memulai menuliskan blog (blogging) ikuti langkah berikut ini:
1. pada langkah ke-lima tadi klik tombol Mulai Blogging.
2. kemudian anda akan dihadapkan pada sebuah form sebagai tempat menulis blog seperti terlihat pada gambar dibawah ini.





SELAMAT MENIKMATIIIIIIIIIIIIIIIII,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Plaza Summarecon Serpong

MS TOWER

BALI Part 2