Masa Kanak-kanak



I remember when i was a kid
and all i wanted is to grow up.
Now I would do anything to be a child for one day.

Paling suka dengan hari Minggu. Kenapa?
Sekolah Minggu baru dimulai pukul 8.30 WIB. Lokasi Gereja persis depan rumah. Jadi bisa nunggu lonceng dulu baru lari-lari ke gereja. Tapi yang paling kusuka di hari Minggu adalah banyaknya film kartun sebelum dan setelah Sekolah Minggu. Ada Detective Conan, ada Yugi-Oh, ada Shincan, Ada Doraemon, ada Disney, ada Cardcaptor Sakura, ada Sailor-Moon, ada Wedding Peach, ada Inuyasha, ada Dragon Ball dan lain-lain. Banyak sekali pokoknya. Aku paling suka Inuyasha dan Detective Conan. Waktu kecil dulu, aku mikirnya mereka-mereka itu ganteng banget. Iya si Inuyasha dan si Shinichi Kudonya. Ampun gantengnya ya, bahkan sampai sekarang tidak ada yang ngalahin kegantengan 2 tokoh kartun itu. Sampai-sampai berjanji akan bertemu dengan mereka suatu hari ke Jepang. Jepang, aku akan menemui suatu hari. Ntah tahun depan, ntah dua tahun lagi, ntah lima tahun lagi, ntah sepuluh tahun lagi. Tapi aku harus kesana. Tentu saja beserta dengan suami dan anak-anakku.
Aku bahkan pernah punya koleksi lengkap Komik Inuyasha. Habisnya, di Tivi, tidak pernah sampai selesai. Selalu berulang-ulang. Tapi karena berpindah-pindah, sepertinya komiknya banyak yang gak kelihatan. Ohya adalagi 1 lagi tokoh detektif yang selalu aku ikuti di tivi, Kindaichi. Detektif yang tidak terlalu serius dengan peran detektifnya, rada konyol tapi jangan salah, segala kasus rumit dapat diselesaikannya.

Dulu paling senang dan paling mudah menghapal lagu melalui soundtrack film-film anak. Pasti banyak diantara kamu-kamu yang kalau karaokean, search enginenya nyari lagunya Jiban, Baja Hitam RX, Samurai X, Doraemon atau rap yang paling fenomenal Kera Sakti. Ya kan?? Ayo Ngaku...

Selain hari Minggu, di hari-hari sekolah pun banyak. Aku masih ingat, masa-masa pulang sekolah kemudian makan siang, main sebentar, bobok siang, dan sorenya setelah mandi langsung duduk depan tivi. Nungguin, Minky Momo. Masih ingat Minky Momo kan. Itu loh, si anak kecil yang rambutnya warna Pink. Dia memelihara banyak hewan yang lucu-lucu. Ayah Ibu nya tinggal di kedalaman lautan. Dia dirawat oleh ayah ibu angkat. Minky Momo punya tongkat dan kosmetik yang bisa merubah dia menjadi dewasa. Minky pernah jadi polisi, pramuniaga, orang kantoran untuk membantu orang-orang disekitarnya. Keren banget kan. Dia juga punya mobil yang bisa terbang dan menyelam. Wah, pokoknya imajinasi anak-anakku diajak ke level yang lebih tinggi.

Ohya ada juga Mojacko. Mojacko ini apa ya? Seperti binatang gelembung bola bulu cokelat keemasan yang imut.
Lagunya seperti ini, masih ingat gak?

Seandainya sahabatku dari luar angkasa
Apa yang terjadi oh mungkinkah?
Sejenak bintang utara bermain dengan air
Mengitari planet saturnus bersama-sama...

Kata-kata yang indah tidaklah perlu
Sungguh menyenangkan hati
Hingga waktupun terlupakan

Planet venus yang indah
Seperti dari emas
Tempat yang paling indah yang pernah kau antar....

Ada lagi P-man. P-man ini seorang pelajar SD yang memiliki kemampuan terbang untuk menolong orang-orang. Dia beserta 3 sahabatnya bisa terbang menggunakan kain yang diikatkan di leher. Nah, lucunya dia punya pengganti dirinya untuk tetap berada di rumah atau di lokasi tertentu pada waktu bersamaan ketika dia menjadi super hero.
Sedikit lagu P man yang aku ingat:

P man, P man....
Kupanggil dia P man...
Suaranya riang...
Datanglah Oh Pman...
Datanglah kerumahku...
Datanglah Oh Pman...
Ke dalam hatiku...
Dengan kata cinta...
Memberi Semangat...

Terus ada lagi Ninja Hattori. Ninja cilik yang makai baju warna merah. Dia beserta adiknya tinggal dalam sebuah keluarga. Memiliki musuh Ninja cilik yang makai baju hijau (iya gak sih, lupa-lupa ingat). Ninja hijaunya punya kucing warna hitam. Ini juga lagunya ngehits banget jaman dulu. Sampai sekarang aku masih hapal sedikit.

"Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke Samudera, membawa teman bertualang.....".

Terus-terus adalagi Kera Sakti. Ini juga hits banget zaman aku kecil dulu. Bahkan masih hapal lagu dan rapnya. Seriusan, coba tantang aku nyanyiin lagu soundtracknya. Aku benaran hapal loh.
Beberapa karakter yang tidak terlupakan adalah Sun Go Kong, Biksu Tong Sam Chong, Pangeran Tianfeng atau Pat Kai, Wujing, Putri Kipas, Raja Kerbau dan lain-lain.

Pokoknya zamanku dulu keren banget deh.

Ohya lupa ada 1 lagi film kartun yang aku ikutin zaman SMA. Seriusan aku ikutin loh dari awal sampai akhir. Bahkan aku bolos kursus (bimbingan belajar) demi melihat episode terakhirnya. Yuyu Hakuso. Pemerannya ganteng banget. Ceritanya juga bagus banget. Film ini bercerita tentang dunia lain yang memiliki kompetisi pertarungan 1 lawan 1. Jadi 1 tim terdiri atas 3 - 4 orang.

Melirik ke tivi zaman sekarang, aku saja tidak berniat untuk nonton. apalagi anak-anakku ya. Miris melihatnya. Malah ada beberapa Ibu atau Bapak yang upload video anak-anaknya yang sedang berjoget dangdut dengan lihainya. Bukan tidak suka dengan dangdut. Tapi sepertinya tarian dan lirik seperti itu kurang cocok dengan anak-anak. Kartun saja yang tayang bisa dihitung dengan jari. Mungkin tv kabel memang menjadi solusi, tetapi tidak semua orang dan tidak semua lokasi bisa menggunakan tivi kabel.

Semoga para pekerja Tivi turut memerhatikan tontonan buat anak-anak selain mengejar rating.
Amin....

Apa tontonan kesukaanmu ketika kecil dulu??


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Plaza Summarecon Serpong

MS TOWER

BALI Part 2